Kamis, 12 Februari 2015

Motor DC Servo (DC-SRV)

robotikauns.net | Motor DC Servo (selanjutnya disingkat DC-SRV) dapat disebut juga dengan motor DC yang siap pakai. Karena dalam kemasannya, motor DC-SRV telah memiliki semua hal yang diperlukan oleh suatu aktuator, yaitu dalam satu kemasan motor DC-SRV telah memiliki motor DC-MP, gigi reduksi putaran motor (gear-box) dan juga telah memiliki rangkaian (controller-board) driver motornya. Selain itu, motor DC-SRV juga dilengkapi dengan komponen potensiometer yang dihubungkan dengan as motor DC-SRV. Potensiometer tersebut berperan dalam pengaturan posisi putar motor DC-SRV oleh sistem di dalam motor DC-SRV itu sendiri.

Untuk berinteraksi (interface) dengan peranti pengendalinya, motor DC-SRV dilengkapi dengan kabel penghubung 3-jalur, yaitu jalur sinyal kendali (sig), jalur tegangan catu positif (+), dan jalur tegangan catu negatif (-). Sehingga dalam penggunaannya, pengguna hanya tinggal memberikan sinyal kendali (biasanya berupa sinyal/pulsa PWM) melalui jalur sinyal kendali (sig) dari peranti pengendali motor DC-SRV. Untuk lebih jelasnya, mari penulis ajak untuk menyermati gambar 1 berikut ini.

Gambar 1. Bagian-bagian motor DC Servo (DC-SRV)

A. Pulsa Pengendali Motor DC-SRV
Putaran rotor motor DC-SRV dapat dikendalikan dengan memberikan pulsa dengan lebar yang variasi dengan frekuensi 50 Hz pada pin kontrolnya (pin signal).... Selengkapnya >>


About the Author

Taufiq D.S. Suyadhi

Author & Editor

Berbagi itu indah dan berpahala, insyaAllah

0 komentar:

Posting Komentar

robotikaUNS.net hanya mengizinkan komentar yang berkualitas.

 

Robotika UNS © 2015 - Supported by ET | Designed by Templateism.com | Plugins By MyBloggerLab.com